Pengertian dan Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Pengertian dan Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow-Google baru saja mengeluarkan sebuah imbauan kepada seluruh blogger di seluruh dunia agar mengurangi pemberian link dofollow kepada situs blog atau website yang sedang di review.

Imbauan Google ini bersifat umum kepada website atau blog yang sering kali mendapat pesanan review. Jika memang terpaksa memberikan link ke sebuah situs produk yang sedang di review, Google meminta untuk memberikan link nofollow saja, kecuali ada pembicaraan diawal untuk saling memberikan link dofollow.

Saran Google terasa sangat penting, bukan hanya kepada blog yang di review, tetapi juga kepada blog yang membuat ulasan tentang produk atau aplikasi tertentu tanpa dibayar.

Link dofollow dan nofollow memang cukup penting untuk dipahami, karena menyangkut kepada SEO dan PageRank pada suatu blog. Disini saya akan mencoba mengulas pengertian link dofollow dan link nofollow agar dapat di pahami oleh kebanyakan blogger.

Pengertian Dofollow dan Nofollow 
Kata dofollow terdiri dari dua suku kata yang berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata "do" dan "follow" yang artinya "mengikuti". Jika ada link yang terdapat di dalam artikel ke situs lain secara dofollow, artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan.Ini akan menyebabkan Google Bot mengindexnya sampai ke akarnya.

Sedangkan kata nofollow juga terdiri dari dua suku kata yakni "no" dan "follow" yang artinya "tidak mengikuti". Jika link di dalam artikel dipasang secara nofollow, maka saat Google melakukan perayapan, tidak akan mengindex link tersebut sampai ke akarnya.

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow
Dari pengertian di atas, sebenarnya sudah dijelaskan secara detail dari perbedaan kedua link ini. Namun, dalam struktur penulisan, keduanya sangat berbeda. Link dofollow ini bersifat default, artinya setiap link dalam artikel akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apapun untuk membuat link dofollow.

Jika ingin membuat link dofollow kepada blog lain, baiknya link tersebut ditempatkan dalam teks yang mengandung kata kunci yang tertarget agar saat Google bot melakukan perayapan, kata kunci dan linknya langsung di index.
Contoh link dofollow :
<a href= " http :// jurnalseoku.blogspot.com/">Jurnalseoku</a>

Kalau ingin memberikan link kepada orang persorangan, baiknya menggunakan link dofollow karena akan saling menguntungkan. Jadi, kalau mau membuat backlink ke Jurnalseoku, buatlah dalam bentuk link dofollow. Sedangkan untuk membuat link nofollow sedikit berbeda dengan dofollow. Contoh link nofollow :
<a href="http:// jurnalseoku.blogspot.com/" rel="nofollow">Jurnalseoku</a>

Link ini menegaskan agar Google Bot tidak melakukan perayapan kepada link tersebut. Tapi pengunjung yang mengeklik link ini akan tetap diarahkan ke situs tujuan. Untuk membuatnya di blogspot cukup mudah, hanya tinggal  memasukkan link pada umumnya. Yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan add 'rel=nofollow' attribute yang ada di bagian akhir.




Link nofollow ini cocok diberikan kepada situs affiliate yang kita tempatkan di dalam postingan. Karena terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs affiliate akan di anggap spam oleh Google, sehingga mengurangi posisi blog di mesin pencari.

Penerapan link dofollow dan nofollow sebenarnya adalah ilmu SEO yang paling dasar, yang tidak banyak diterapkan oleh para blogger. Jadi, jika memberi link kepada situs yang masih belum jelas kedudukannya, lebih baik dalam bentuk link nofollow.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menerapkan link dofollow dan Nofollow.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Pengertian dan Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow"

  1. makasih gan jadi tw perbedaanya

    ReplyDelete
  2. Saya sering dofollow, baru tau fungsi centang nofollow. Menurut agan, apa mending nofollow aja, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya lebih baik dofollow, karena dengan memberikan link dofollow, maka blog kita dianggap Google mereferensikan situs lain dan akan saling menguntungkan bagi blog pemberi link atau yang di beri link

      Delete
  3. gan, kalau misalnya kita ingin membuat postingan yang mana postingan itu ada link yang membahas postingan kita sebelumnya, berarti pakai nofollow ya?

    ReplyDelete
  4. thanks buat masukannya jadi ane tau bedanya mana dofollow sama nofollow link

    ReplyDelete
  5. Artikelnya sangat membantu kak,terimakasih untuk infonya kak
    Wassalam

    ReplyDelete
  6. Terimakasih artikelnya sangat membantu kami,.
    Info

    ReplyDelete

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar