10 Penyebab Blog Sulit Terindex Google


penyebab blog sulit terindex google

10 Penyebab Blog Sulit Terindex Google-Saat selesai membuat artikel, kita ingin artikel tersebut cepat terindex Google. Akan tetapi banyak para pemula yang merasa bingung jika artikel tersebut sulit terindex Google. Padahal membuat artikel cepat terindex itu mudah, akan tetapi yang sulit adalah membuat artikel berada di halaman utama Google.

Disini saya akan menunjukkan beberapa penyebab artikel sulit terindex Google dan cara mengatasinya.

1). Blog Yang Masih Baru
Jika blog Anda masih baru, artikel yang belum terindex merupakan hal yang wajar, karena blog yang masih baru belum di kenal Google dan artikel akan sedikit lama untuk terindex Google. Oleh karena itu usahakan agar Anda terus bersabar dan terus mengupdate artikel secara berkala agar artikel cepat terindex Google.

2). Artikel Kurang Berkualitas
Jika artikel kurang berkualitas, maka artikel tersebut akan sulit terindex Google, karena Google memilih artikel yang mempunyai kualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Artikel berkualitas juga sangat di sukai Google dan di sukai pembaca dan akan lebih cepat terindex, bahkan bisa sampai berada di halaman utama Google dalam waktu singkat.

Baca Juga : 5 Kriteria Artikel Yang Di Sukai Google dan Pembaca

Oleh karena itu usahakan agar Anda menulis artikel yang berkualitas, kriteria artikel yang berkualitas adalah artikel yang panjang, mempunyai kata-kata yang mudah di mengerti, bermanfaat bagi pembaca dan yang paling penting tidak copas dari blog lain dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun jika Anda tidak bisa menulis artikel yang berkualitas, usahakan agar artikel Anda lolos copyscape agar tidak di kira Google duplicate content, karena Google tidak menyukai artikel yang duplicate content, artinya konten yang sama dengan blog lain.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Lolos Copyscape

3). Belum Daftar Webmaster Tools
Dengan mendaftar ke webmaster tools, akan mempercepat pengindexan pada sebuah artikel dalam blog. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?, sebab Google bot akan memantau blog yang sudah terverifikasi atau terdaftar pada webmaster tools, kemudian akan menunggu artikel terbaru untuk mengindexnya.

4). Tidak Mensubmit Artikel Ke Webmaster Submit URL 
Mensubmit artikel ke webmaster submit url merupakan suatu hal yang wajib, karena dengan mensubmit artikel akan mempercepat pengindexan Google. Namun jika tidak mensubmit artikel ke webmaster, maka akan memperlambat pengindexan sebuah artikel.

Cara ini juga terkadang banyak di lupakan oleh blogger, padahal dengan cara ini blogger bisa membuat artikel terindex hanya dengan beberapa detik saja. Namun cara ini tidak bisa membuat artikel tersebut berada di halaman utama Google, hanya bisa terindex saja.

Akan tetapi jika Anda ingin artikel berada di halaman utama Google, artikel Anda harus berkualitas, seo, melakukan promosi ke media sosial dan yang paling penting bersabar, dengan begitu artikel Anda akan cepat berada di halaman utama Google.

5). Salah Mensetting Robot txt
Ini merupakan suatu hal yang penting untuk terindex atau tidaknya artikel. Karena robot txt ini berfungsi agar robot Google mau melakukan perayapan. Jika Anda salah menyetting robot txt, akan berdampak pada blog Anda yang tidak di rayapi Google dan artikel akan sulit terindex.

Jadi usahakan agar menyetting robot txt dengan benar dan jangan merubah apapun, jika Anda tidak memahami apa yang tercantum pada robot txt tersebut.

6). Loading Blog Yang Berat
Jika blog Anda loadingnya berat, akan membuat artikel lama untuk terindex. Ini di sebabkan Google bot membutuhkan waktu yang lama untuk  merayapi halaman blog Anda sehingga artikel akan lama untuk terindex, bahkan akan membuat Google bot tidak mau merayapi blog Anda lagi, dengan begitu artikel yang Anda buat akan sia-sia. Ini merupakan teori dari saya, jika Anda tidak percaya juga tidak apa-apa.

7). Template Blog Tidak Seo Friendly dan Tidak Reponsive
Poin ini saya rasa cukup berpengaruh terhadap terindex atau tidaknya suatu artikel. Karena dengan template yang seo friendly dan reponsive akan membuat pengunjung senang dan akan membuat pengunjung kembali lagi ke blog Anda, dengan begitu trafik blog akan naik dan mempercepat pengindexan sebuah artikel, dengan satu catatan, artikel Anda berkualitas.

Akan tetapi jika template tidak seo friendly dan tidak reponsive, akan menyebabkan blog tersebut tidak di sukai Google, begitupun pengunjung, karena pengunjung sekarang tidak hanya berasal dari komputer, tetapi juga dari smartphone, sehingga jika blog tidak reponsive akan menyebabkan pengunjung tidak nyaman dan trafikpun akan sedikit sehingga memperlambat terindexnya suatu artikel.

8). Tidak Mensubmit Sitemap Blog Di Webmaster Tools
Mensubmit sitemap blog di webmaster tools sangat penting agar artikel cepat terindex. Karena dengan mensubmit sitemap di webmaster tools berarti kita menunjukkan isi dari blog kita ke mesin perayap Google sehingga akan mempercepat pengindexan artikel hanya dengan hitungan jam, walaupun itu artikel baru selesai di buat.

Akan tetapi, jika tidak mensubmit sitemap blog di webmaster tools, akan menyebabkan mesin perayap Google tidak mengetahui isi dari blog kita dan akan menyebabkan artikel lama untuk terindex. Jadi usahakan untuk membuat sitemap blog di webmaster tools, karena ini merupakan suatu cara yang sangat penting agar artikel cepat terindex Google.

9). Kurang Promosi
Walaupun blog Anda berkualitas dan seo, tetapi tidak melakukan promosi apapun, maka blog Anda akan sepi pengunjung dan menyebabkan artikel sulit terindex Google.

Oleh karena itu usahakan agar Anda melakukan promosi ke media sosial atau situs-situs komunitas agar blog Anda lebih terkenal dan bisa mendapatkan banyak pengunjung, dengan begitu artikel akan cepat terindex Google, terutama blog yang masih baru.

10). Memposting Banyak Artikel Dalam Satu Waktu
Yang terakhir adalah memposting banyak artikel dalam satu waktu. Sebenarnya ini hal yang baik, tetapi jika blog Anda masih baru, jangan gunakan cara ini. Karena blog yang masih baru belum di kenal oleh Google sehingga jika memposting banyak artikel dalam satu waktu akan menyebabkan artikel lama untuk terindex Google.

Sebagai contoh, Saya baru buat blog dan dalam sehari tersebut saya memposting 5 artikel dalam satu waktu, ini menyebabkan artikel saya lama untuk terindex dan bahkan blog saya juga tidak terindex Google. Itu merupakan pengalaman saya pribadi dan sampai berminggu-minggu blog saya tak kunjung di index, kemudian saya membuat blog baru lagi dan dalam sehari blog saya dan artikel saya langsung terindex Google.

Oleh karena itu usahakan agar Anda memposting artikel secara berkala, agar artikel lebih mudah cepat terindex dan jangan memposting banyak artikel dalam satu waktu, kecuali blog Anda sudah tua atau setidaknya berumur 3 bulan.

Itulah 10 penyebab blog/artikel sulit terindex google. Dan bagi Anda yang artikelnya masih sulit untuk terindex Google, hal yang harus di lakukan adalah bersabar dan terus menulis artikel yang berkualitas dengan begitu artikel Anda akan cepat terindex Google. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 Penyebab Blog Sulit Terindex Google"

  1. Cara setting Robot txt yang benar, gmna gan ? Mohon informasinya thankyou . Blog ane susah sekali terindex gara gara salah penerapan Robot txt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat selesai mendaftar webmaster, settingan robot txt itu sudah benar, jadi jangan di rubah-rubah, karena nanti bisa berdampak pada artikel yang susah terindex

      Delete

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar