15 Penyebab Blog Sepi Pengunjung


penyebab blog sepi pengunjung

15 Penyebab Blog Sepi Pengunjung- Mempunyai blog yang sepi pengunjung merupakan hal biasa bagi setiap blogger, karena semua blogger pasti pernah mengalami blognya sepi pengunjung. Namun yang paling sering mengalami hal seperti ini kebanyakan seorang blogger pemula yang tidak tahu penyebab blognya sepi pengunjung.

Oleh karena itu saya disini akan menunjukkan beberapa faktor penyebab blog bisa sepi pengunjung :


1). Blog Masih Baru


Penyebab utama blog sepi pengunjung adalah blog yang masih baru, karena blog masih baru atau baru buat tidak akan dapat mengalahkan blog yang sudah tua atau telah berdiri lama dan sudah menduduki posisi di page one search engine Google.

Setidaknya, Anda harus memperbanyak artikel dan menunjukan kepada Google bahwa blog Anda cukup layak untuk berada di halaman utama search engine. Dengan begitu blog Anda tidak akan sepi pengunjung.

Ngeblog juga membutuhkan waktu, karena tidak mungkin jika blog masih baru buat bisa berada di halaman utama, karena untuk berada di halaman utama diperlukan perjuangan yang cukup keras untuk dapat menjatuhkan para pesaing dan bertengger di posisi pertama.

Menurut saya, sebuah blog akan mengalami peningkatan trafik dalam kurun waktu 3 bulan dan pada masa itulah algoritma Google akan menentukan apakah blog Anda layak atau tidak untuk tampil di serp Google.

2). Baru Belajar Ngeblog 

Penyebab kedua blog sepi pengunjung adalah karena masih belajar ngeblog dan belum mempunyai banyak pengalaman tentang blogging. Membuat blog memang mudah, semua orang bisa melakukannya, tapi untuk membuat blog sampai dapat populer/terkenal dan mendapatkan banyak pengunjung organik bukanlah perkara yang mudah. Untuk itu usahakan agar Anda terus berusaha dan bersabar, karena membuat blog membutuhkan waktu dan tidak dapat selesai dalam waktu singkat.

3). Artikel Biasa-Biasa Saja 
Salah satu kunci kesuksesan sebuah blog adalah kualitas konten didalamnya. Jika Anda ingin mendapatkan banyak visitor, maka perhatikan dulu kualitas konten di blog Anda. Apalagi jika blog Anda membahas topik yang sudah ramai oleh persaingan, jika artikel di blog Anda biasa-biasa saja, maka ujung-ujungnya hanya akan kalah dalam persaingan sehingga blog akan sepi pengunjung.

Jika merasa artikel di blog Anda masih banyak yang perlu diperbaiki, maka fokus dahulu untuk memperbaikinya supaya bisa lebih baik lagi, jangan terlalu memikirkan gimana supaya blognya ramai pengunjung, karena jika artikel Anda berkualitas, maka pengunjung akan datang sendiri.

4). Mempunyai Banyak Pesaing
Saat ini ada ribuan sampai puluhan ribu, bahkan jutaan blog yang tersebar di seluruh Indonesia, akan tetapi mereka yang serius dalam melakukan pengembangan blog, dan berusaha untuk dikembangkan mungkin lebih kecil dari Angka tersebut.

Walaupun saat ini sudah ada jutaan blog yang menghiasi mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya, seperti bing dan yahoo, Anda bisa menghindari kesulitan dalam memulai usaha sebagai blogger dengan cara memilih topik dengan persaingan tingkat rendah.

Akan tetapi bersamaan dengan banyaknya pengunjung yang didapat, Anda juga harus mempertimbangkan bahwa yang ingin menjadi sukses tidak hanya Anda, ada puluhan ribu bahkan jutaan orang yang ingin mengincar blog dengan topik yang sama dan menjadi yang no.1.

Hal ini memang penting yang harus diperhatikan, karena dengan mempunyai banyak pesaing, maka akan semakin sulit mendapatkan banyak pengunjung dengan begitu blog tersebut akan sepi pengunjung.

5). Artikel Sudah Banyak Dibahas
Sama halnya dengan poin di atas, ketika persaingan sudah tinggi dan artikel Anda sudah banyak di bahas, peluang Anda untuk mendapatkan trafik yang tinggi dari artikel tersebut menjadi sangat kecil, karena banyaknya para pesaing dalam mendapatkan peringkat pertama di halaman utama Google.

Apalagi jika pada hasil pencarian Google setiap blog sudah menyajikan artikel yang lengkap, bermanfaat dan juga enak dibaca, rasanya hanya sedikit kemungkinan untuk memunculkan konten Anda di halaman utama Google. Sehingga hal ini akan menyebabkan blog sepi pengunjung.

Saran saya, kalau membuat artikel yang sudah banyak di bahas, buatlah dengan kata-kata panjang, mudah di mengerti, enak di baca dan yang paling penting bermanfaat, misalnya jika ada judul "5 cara membuat artikel yang seo". Anda bisa menambahkan caranya menjadi 7 atau 10, seperti" 10 cara membuat artikel yang seo". Itu akan bisa membuat blog Anda sedikit bersaing untuk memperebutkan halaman utama di mesin pencarian Google.

6). Artikel Yang Memiliki Sedikit Informasi 
Setiap membuat artikel, pastikan artikel Anda berisikan informasi yang lengkap agar artikel Anda dapat muncul di page one Google. Dalam menulis artikel, usahakan sedikitnya 1000 kata lebih dan berikan beberapa gambar untuk menarik perhatian pembaca, hal ini cukup efektif untuk membuat pengunjung merasa betah ketika membaca artikel Anda.

Satu lagi, buatlah artikel yang banyak dicari oleh orang dan jarang dibahas di internet, karena ini bisa Anda jadikan celah untuk dapat mendapatkan pembaca tanpa melakukan persaingan. Sehingga blog Anda tidak akan sepi pengunjung.

7). Tidak Mensubmit Artikel Ke Index Google Saat Selesai Dibuat
Ini merupakan salah satu alasan mengapa blog sepi pengunjung. karena mensubmit artikel ke Index Google akan mempercepat pengindexan sebuah artikel sehingga artikel akan cepat terindex lebih cepat.

Dan jika Anda tidak mensubmitnya ke index Google, maka bisa jadi blog akan sepi pengunjung apalagi jika blog masih baru, akan sangat sulit untuk memperoleh trafik jika tidak mensubmit artikel ke Index Google.

Index Google merupakan sebuah sebutan untuk daftar URL yang masuk ke Google, yang nantinya akan saling bersaing satu dengan lainnya untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari Google. Urusan menang atau kalah adalah urusan belakangan, karena yang paling penting Anda harus memastikan bahwa blog dan artikel Anda sudah terindex oleh Google.

8). Memiliki Banyak Topik
Penerapan topik pada blog adalah hal yang cukup penting dan harus dilakukan jika ingin membuat blog mempunyai banyak pengunjung dan tidak mengambil jalan yang memutar, misalnya Anda membahas topik gado-gado.

Dibandingkan membahas topik gado-gado, Google ataupun pengunjung lebih suka pada blog dengan pembahasan satu topik saja, hal ini dikarenakan topik pembahasannya akan menjadi lebih terpusat dalam suatu bidang.

Dalam pandangan pengunjung sendiri, blog dengan pembahasan satu topik akan di anggap sebagai blog yang profesional dan Google juga akan lebih mengutamakan blog dengan pembahasan satu topik untuk menempatkannya di serpnya.

Apalagi jika blog tersebut yang di cari atau yang di sukai pengunjung, maka pengunjung akan mau meluangkan waktunya untuk menunggu updatetan artikel selanjutnya. Ini akan menambah pengetahuan pengunjung dalam satu topik pembahasan tersebut.

9). Melakukan Copy Paste Di Blog Lain
Dengan tujuan membuat banyak artikel dengan cepat, melakukan copas adalah cara yang tercepat yang bisa dilakukan oleh blogger. Ini akan berdampak buruk pada blog yang melakukan hal tersebut.

Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini Google adalah sebuah sistem yang  terbesar, yang berhasil memberikan peringkat jutaan website atau blog untuk menyeleksinya dan hanya menempatkan 10 situs atau URL terbaik di hasil pencarian mereka dan dari yang terlihat (dari kata kunci yang mempunyai persaingan tinggi), tak ada satupun URL yang mempunyai kesamaan isi/konten satu dengan lainnya, mereka semua menulis dengan kata-kata dan gaya bahasanya masing masing.

Intinya, untuk membuat blog yang mempunyai banyak pengunjung harus menulis artikel dengan pemikiran dan gaya bahasa sendiri agar dapat bersaing di halaman utama Google, karena mustahil untuk mendapatkan trafik blog yang banyak hanya dengan mengandalkan sebuah artikel copas.

Menurut saya, membuat blog menggunakan teknik copy paste ini hanya dapat berhasil dilakukan di kata kunci dengan persaingan tingkat rendah, itupun kemungkinannya hanya sedikit, jika Anda melakukan beberapa kali percobaan, paling tidak hanya ada beberapa yang berhasil menjadi sumber trafik blog, itupun jika persaingannya rendah.

Saat Anda melakukan copy-paste, Google akan sangat mudah mendeteksi bahwa artikel yang Anda publikasikan memiliki isi yang sama dengan konten di blog lain. Ketika Google mengetahui hal ini, kemungkinan besar artikel Anda tidak akan terindex, apalagi mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari.

10). Artikel Dicuri Oleh Orang Lain
Ini merupakan poin yang berbanding terbalik dengan di atas, artikel yang di curi orang bisa menjadi penyebab blog tidak bisa berkembang. Ini dikarenakan Google tidak menyukai "duplikat konten", dimana saat artikel Anda di curi orang, maka blog Anda akan melakukan persaingan dengan orang yang mencuri artikel tersebut.

Pencurian artikel ini bisa menggunakan metode AGC, yaitu mencuri artikel secara otomatis atau secara manual menggunakan cara copy paste. Jika pencurian artikel menggunakan metode AGC, maka artikel si pencuri akan di update pada waktu yang sama dengan artikel Anda.

Jika ini terus berlanjut, bisa-bisa blog Anda kalah saing dan di anggap Google sebagai blog sampah dan akan menyebabkan menurunnya reputasi dan kepercayaan blog Anda di mata Google dan bisa-bisa blog Anda akan di hapus oleh Google.

Namun begitu, masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi, seperti memasang anti copas di blog, ini cara yang di lakukan untuk mencegah terjadinya pencurian secara manual. Dan untuk yang otomatis Anda bisa membatasi feed pada blog Anda.

11). Jarang Update Artikel
Google akan lebih menyukai blog yang selalu aktif untuk update artikel daripada yang jarang update, karena dengan banyaknya artikel akan semakin besar kemungkinan artikel muncul di halaman pertama Google, dengan begitu blog tidak akan sepi pengunjung. Sebaliknya, jika jarang update artikel, maka semakin kecil kemungkinan untuk bisa berada di halaman pertama Google dan menyebabkan blog sepi pengunjung.

Namun jika artikel Anda berkualitas itu tidak akan jadi masalah, karena dengan mempunyai artikel berkualitas, mendapatkan peringkat pertama dari Google akan mudah, walaupun blog Anda jarang update.

Untuk bisa lebih optimal, saya sarankan untuk update artikel 2-3 kali perhari, karena jumlah ini sudah saya rasa cukup untuk bisa bersaing memperebutkan posisi pertama di Google, namun jika Anda tidak sanggup 1 hari sekali atau 2 hari sekali juga tidak apa-apa, yang penting selalu update dan artikel Anda berkualitas.

Akan tetapi, jika Anda bisa melebihi 2-3 kali sehari, itu akan lebih baik, karena Google menyukai blog yang banyak artikel dan juga blog yang selalu aktif.

12). Teknik SEO Yang Kurang
SEO (Search Engine Optimization) atau kita sebut dengan optimasi mesin pencari adalah suatu cara untuk melakukan optimasi agar blog, artikel/postingan bisa mendapatkan posisi yang baik di search engine Google.

Pada saat Anda ingin memenangkan kata kunci dengan persaingan yang sangat tinggi, sebuah SEO sangat dibutuhkan untuk memenangkan posisi di Page One Google. Untuk itu mulailah dengan mempelajari SEO dasar, seperti SEO On-page dan SEO Off-page.

Jika Anda membuat artikel tanpa melakukan optimasi seo, maka jangan harap situs Anda akan ramai pengunjung, karena hal yang terpenting adalah bisa tampil di page one Google. Untuk tampil di page one dibutuhkan pemahaman terhadap seo, dan jika Anda tidak paham dengan seo, maka hal tersebut menyebabkan blog sepi pengunjung.

13). Berfikir Semua Blog Itu Sama
Banyak yang berfikir kalau semua blog itu sama, padahal banyak sekali perbedaan dari blog atau web tersebut, seperti topik, tujuan, target pengunjung dan lain-lain. Dengan begitu strategi promosinya juga berbeda, ada yang pakai cara ini bisa efektif dan ada yang pakai cara itu bisa efektif, semua bisa menentukan caranya sendiri-sendiri.

Jika Anda ingin blognya tidak sepi pengunjung, maka Anda harus tahu dengan perbedaan-perbedaan tersebut, alasannya agar Anda dapat menemukan strategi untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung.

14). Judul Artikel Kurang Menarik
Salah satu cara agar blog tidak sepi pengunjung adalah buat judul semenarik mungkin untuk bisa menarik hati pengunjung agar mengeklik konten kita di mesin pencari, namun jika judul artikel kita tidak menarik hati pengunjung, maka blog kita akan sepi pengunjung dan tidak ada yang berkunjung ke blog kita sehingga trafik tidak akan meningkat dan akan terus sedikit.

Oleh karena itu usahakan agar Anda membuat judul artikel yang menarik hati pengunjung dan yang paling penting judul dan isi mempunyai kesamaan atau keterkaitan, karena kalau tidak mempunyai keterkaitan pengunjung akan merasa dibohongi dan tidak akan berkunjung ke blog Anda lagi.

Judul artikel juga tidak boleh melebihi 60 karakter, karena jika melebihi akan membuat judul artikel ke potong oleh mesin pencari sehingga menyebabkan pengunjung tidak mengetahui judul artikel secara lengkap dan membuat artikel tidak ada yang membaca

15). Loading Blog Super Berat
Yang terakhir adalah loading blog super berat, Jika blog Anda loadingnya super berat, usahakan untuk mempercepatnya atau mengganti template yang lebih ringan, karena Google tidak menyukai blog dengan loading lambat begitupun pengunjung.

Jika pengunjung sedang mencari informasi dan mengeklik blog Anda di mesin pencari, kemudian loadingnya sangat lambat, maka akan menyebabkan pengunjung tidak membaca artikel kita dan akan mencari informasi di blog lain.

Ini menandakan pengunjung tidak menyukai blog yang loadingnya berat, karena pengunjung tidak suka menunggu, dan akan mencari informasi di blog lain yang loadingnya lebih cepat. Oleh karena itu usahakan agar blog Anda loadingnya cepat, karena dengan loading yang cepat, akan membuat pengunjung senang saat mencari informasi.

Bukan hanya itu, Google pun akan sangat senang jika melihat blog Anda yang cepat, karena tidak membutuhkan waktu lama untuk Google bot merayapi blog Anda, dengan begitu Google bot akan kembali lagi untuk merayapi blog Anda lagi, dengan begitu artikel akan cepat terindex Google.


Itulah 15 penyebab blog sepi pengunjung, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam masalah yang pengunjungnya masih sedikit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Penyebab Blog Sepi Pengunjung"

Post a Comment

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar