15 Kriteria Blog Yang Di Sukai Google

kriteria blog yang di sukai Google

15 Kriteria Blog Yang Di Sukai Google-Saat membuat blog kita ingin blog kita berada di halaman utama Google. Karena Google telah banyak menyumbangkan trafik kepada blog kita sehingga blog kita mempunyai banyak pengunjung dan membuat blog mempunyai trafik yang tinggi.

Akan tetapi membuat hal tersebut tidaklah mudah, karena Google memilih blog dengan konten yang berkualitas, di cari pembaca, tidak spam dan tidak copy paste dari blog lain.

Oleh karena itu sebelum membuat blog kita harus mengetahui terlebih dahulu kriteria blog apa yang disukai Google agar dapat bersaing di halaman utama Google. Disini saya akan menunjukkan 15 kriteria blog yang di sukai Google yang wajib Anda ketahui.

1). Google Menyukai Blog Dengan Domain Khusus
Blog dengan domain yang khusus akan mendapatkan perlakuan yang istimewa dari Google, maksud dari domain khusus adalah Top Level Domain (TLD) seperti, .com, .id, .net dan lain-lain.  TLD merupakan domain yang berbayar sehingga Google menyukai blog dengan domain yang khusus, karena yang berbayar lebih di utamakan daripada yang gratisan.

2). Google Menyukai Blog Yang Sudah Berumur
Google lebih menyukai blog yang sudah berumur daripada blog yang belum berumur, maksud dari sudah berumur adalah blog yang sudah tua atau sudah lama membuatnya dan blog yang belum berumur adalah blog baru buat.

Alasan Google menyukai blog yang sudah berumur di nilai dari segi kematangannya, karena semakin tua usia blog maka kematangannya akan sangat tinggi. Blog sudah berumur juga mempunyai banyak keunggulan diantaranya mempunyai banyak postingan, lebih di kenal oleh Google, banyak artikel yang sudah terindex.

Akan tetapi tidak semua blog yang sudah tua di sukai Google, hanya blog yang mempunyai kualitas tinggi. Walaupun umur blog sudah setahun tapi tidak mempunyai kualitas maka blog tersebut tidak akan di sukai google.

3). Google Menyukai Blog Yang Mempunyai Banyak Artikel
Selain dari umur blog, artikel yang banyak juga sangat di sukai Google. Karena Google menganggap, blog yang mempunyai banyak artikel akan terlihat lebih serius mengolahnya daripada blog yang masih sedikit artikel. Jumlah artikel yang banyak menurut Google tidak ada batasnya, tapi jika blog Anda masih punya 10 artikel tentu itu masih sedikit.

Intinya, buatlah artikel yang banyak, karena blog yang mempunyai postingan banyak jauh lebih baik daripada yang sedikit. Paling tidak sehari bisa menghasilkan 2 atau 3 artikel, jika tidak sanggup sehari sekali, dua hari sekali, 3 hari sekali, bahkan satu minggu sekali juga tidak apa-apa yang penting selalu update. Karena semakin banyak artikel yang Anda punya, maka peluang untuk berada di halaman utama Google semakin besar.

4). Google Menyukai Blog Yang Berkualitas 
Bukan hanya kuantitas yang di sukai Google, tapi kualitas juga menjadi hal yang utama agar blog di sukai Google. Kualitas lebih penting daripada kuantitas, karena buat apa artikel banyak tetapi tidak ada yang berkualitas lebih baik sedikit tapi berkualitas. Namun jika bisa menggabungkan kedua hal tersebut, maka blog Anda akan sangat di sukai Google dan dengan sangat mudah akan tampil di halaman utama Google.

Salah satu kriteria artikel yang berkualitas adalah artikel yang menulis sendiri, artikel yang panjang, artikel yang mempunyai bahasa yang dimengerti, artikel yang lolos copyscape dan yang paling penting tidak copy paste dari blog lain. Jika kalian kesulitan untuk membuat artikel seperti yang diatas lakukanlah ATM ( amati tiru modifikasi ) dengan begitu Anda akan bisa menulis artikel sendiri tanpa copy paste dari blog lain.

5). Google Menyukai Blog Yang Di Sukai Pembaca
Google sangat tahu selera, jika ada banyak yang suka satu blog, maka Google juga akan ikut-ikutan suka. Salah satu indikator Google menilai satu blog disukai pembaca adalah dari komentar dan share media sosial.

Itulah mengapa, interaksi sosial di satu blog harus ada dan harus ditumbuhkan. Selain itu, Google sangat tahu berapa lama yang di butuhkan pengunjung untuk mendatangi blog tersebut. Semakin lama pengunjung membaca artikel, maka Google akan semakin senang. Anda bisa melihat kesenangan ini dari Session Duration blog lewat Google Analytic.

6). Google Menyukai Blog yang Membahas Satu Topik 
Sangat jarang ada blog yang mampu bersaing di halaman utama pencarian Google jika isinya artikel gado-gado. Buatlah blog Anda khusus dengan membahas satu topik tertentu. Jika terlalu banyak membahas topik, kemungkinan Google juga akan kebingungan dalam menentukan jenis pencarian apa yang cocok buat blog Anda.

Dengan membahas satu topik khusus, Google akan dengan mudah menandai blog Anda ahli dalam hal tersebut. Ini juga akan menunjukkan profesionalisme Anda dalam memecahkan satu masalah tertentu. Saya yakin, jika blog Anda mulai membahas satu topik khusus, tidak lagi akan diabaikan oleh Google.

7). Google Menyukai Blog dengan Link Internal Yang Baik
Apa yang dimaksud dengan link internal yang baik?, yaitu link yang mengarah langsung ke artikel atau postingan ke blog blog kita sendiri sehingga artikel satu dengan yang lainnya bisa tersambung. Link internal ini sangat di sukai Google, apalagi jika link internalnya tertata dengan baik dan rapi, itu akan menambah kesukaan Google kepada blog Anda.

8). Google Menyukai Blog Yang Mempunyai Banyak Backlink Berkualitas
Dulunya banyak sekali blogger yang tergila-gila dengan backlink, apalagi backlink berkualitas. Maksud dari backlink berkualitas adalah link yang langsung mengarah ke blog kita dan di berikan oleh pemilik situs atau blog lain.

Cara ini memang sangat ampuh untuk meningkatkan trafik, bahkan bisa membuat blog berada di halaman utama Google, tetapi jangan terlalu banyak menggunakan cara ini, karena bisa di anggap spam oleh Google.

Apalagi jika backlink Anda tidak berkualitas, maka akan sangat tidak di sukai Google, seperti menulis link aktif blog Anda di komentar blog lain. Ini juga akan di anggap spam oleh Google, lebih baik buatlah backlink yang berkualitas dengan cara membuat perjanjian dengan pemilik situs lain, kemudian saling bertukar link.

9). Google Menyukai Blog Dengan Tampilan Yang Terang
Google menyukai blog dengan tampilan yang terang, maksud dari tampilan yang terang adalah tampilan yang yang memiliki background atau warna latar belakang putih. Bukan hanya Google yang suka pembaca pun akan suka, jika saat membaca tampilan blognya berwarna putih, sehingga akan lebih mudah dalam membaca artikel atau postingan blog.

10). Google Menyukai Blog Dengan Tampilan Yang Reponsive
Kriteria blog selanjutnya, yang di sukai Google adalah blog yang dapat menyesuaikan resolusi layar pada sebuah smartphone, tablet atau perangkat lain. Jadi usahakan agar blog menjadi reponsive agar saat di buka di smartphone atau tablet dapat menyesuaikan sesuai dengan resolusi layar. Ini merupakan syarat yang di bilang cukup penting agar blog tersebut bisa di terima Adsense, karena sekarang perangkat mobile sudah banyak di gunakan daripada desktop.

11). Google Menyukai Blog Dengan Loading Cepat 
Bukan hanya Google yang menyukai loading blog yang cepat, tetapi pengunjung juga menyukai blog dengan loading yang cepat, karena pengunjung akan senang jika mencari informasi dengan cepat. Selain itu akan mempermudah kerja Google bot dalam merayapi blog Anda, sehingga Google bot akan senang dan akan kembali lagi dalam merayapi blog Anda.

Untuk melakukan pengecekan kecepatan blog silakan pergi ke Page Speed Insights. Cara menggunakannya hanya tinggal memasukkan URL blog Anda, kemudian jika terjadi peringatan atau kesalahan yang harus di perbaiki, maka perbaikilah sesuai dengan peringatan tersebut agar loading blog Anda lebih cepat.

12). Google Menyukai Blog Yang Mempunyai Banyak Pengunjung
Dengan mempunyai banyak pengunjung, blog Anda akan semakin terkenal dan akan selalu di cari oleh pembaca. Bukan hanya itu pengunjung yang banyak juga di sukai Google. Tetapi jika pengunjung blog Anda masih sedikit, maka jangan berkecil hati karena suatu saat pengunjung akan datang sendiri jika Anda mau bersabar dan terus berusaha memperbaiki kekurangan yang terdapat dalam blog dan terus mempromosikan blog ke media sosial, seperti facebook, Google+, twitter dan lain-lain.

13). Google Menyukai Blog Dengan Trafik Yang Stabil
Bukan hanya pengunjung yang banyak, mempunyai pengunjung blog dengan trafik yang stabil juga sangat penting, karena Google lebih suka blog yang pengunjungnya sedikit tapi stabil daripada pengunjung banyak tapi naik turun. Karena biasanya trafik yang tidak stabil pengunjungnya berasal dari media sosial, dan Google tidak menyukainya, jika ada blog yang pengunjungnya sebagian besar dari media sosial, karena visitor dari media sosial trafiknya naik turun dan tidak stabil.

Untuk mempunyai trafik yang stabil dengan sumber lalu lintas mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo memanglah bukan hal mudah, dibutuhkan waktu, kesabaran dan ketekunan untuk membuat blog mendapatkan SERP yang baik di mesin pencari pencari.

14). Google Menyukai Blog Dengan Menu Navigasi Yang Jelas dan Baik
Pastikan blog Anda memiliki menu navigasi yang jelas dan baik. Menu navigasi yang baik dan jelas maksudnya berada ditempat atau posisi yang gampang untuk dilihat atau di temukan dan juga tidak membingungkan pengunjung. Dan konsep dari navigasi yang perlu diperhatikan adalah navigasi yang berguna agar semua artikel yang berada di blog Anda dapat ditemukan dengan gampang. Jadi jangan membuat navigasi yang ribet dan sulit di temukan.

15). Google Menyukai Blog yang Selalu Update
Yang terakhir yaitu, Google sangat menyukai blog yang selalu update, karena informasi di dunia terus berkembang dan kita di haruskan agar selalu update agar tidak ketinggalan informasi dan tidak kalah bersaing. Namun ini yang banyak dilupakan oleh para blogger. Banyak yang berpikir, dengan jumlah artikel yang sudah ratusan bahkan ribuan menganggap itu sudah cukup.

Jika cepat puas dengan hasil yang di terima, maka kita akan tertinggal jauh dengan orang lain. Oleh karena itu buatlah blog Anda selalu update secara rutin. Karena sudah pasti sangat disenangi oleh Google.

Itulah 15 Kriteria Blog Yang Di Sukai Google,  semoga artikel ini bermanfaat dan menambah keterjalinan antara Anda dengan Google.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "15 Kriteria Blog Yang Di Sukai Google"

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar