5 Tanda Power supply Mulai Rusak


tanda power supply mulai rusak

Power supply merupakan alat yang di gunakan untuk menyuplai daya ke komponen-komponen komputer sehingga komputer bisa bisa menyala. Komponen ini merupakan komponen yang sangat penting bagi sebuah PC karena dengan komponen ini PC bisa menyala.

Akan tetapi jika power supply tidak bekerja secara biasanya, maka ada tanda-tanda bahwa power supply tersebut mulai mengalami kerusakan. Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan mengenai tanda-tanda power supply yang mulai rusak :

PC/Komputer Tidak Menyala Saat di Hidupkan
Kondisi ini biasanya power supplai mengalami kerusakan, sehingga komputer tidak dapat menyala walaupun aliran listrik dan komponen-komponen komputer dalam keadaan baik. Solusinya hanya satu yaitu, mengganti power supplai yang baru.

Kipas Power Supply Tidak Mau Berputar Saat Komputer DiHidupkan
Masalah lainnya dari kerusakan power supplai adalah kipas power supplai tidak bisa berputar, padahal PC dalam keadaan ON dan komponen-komponen lainnya sudah terpasang dengan benar.

Lampu Indikator PC Tidak Menyala
Lampu indikator PC tidak menyala, sehingga berdampak pada seluruh sistem komputer yang tidak bisa menyala dan tidak bisa beroperasi dengan semestinya.

Power supplai mengeluarkan asap
Power supplai yang mengalami kerusakan ini biasanya mengeluarkan asap, dan mengeluarkan bau tidak sedap. Ini mungkin terjadi karena peletakan kabel front panel yang kurang tepat pada sebuah PC atau mungkin daya power supplai yang berlebihan sehingga menyebabkan power supplai terbakar.

Komputer Bisa Menyala, Tapi Tidak Bisa Masuk Ke Sistem Operasi dan Berhenti di BIOS 
Power supplai komputer yang mengalami kerusakan juga biasanya tidak bisa masuk ke sistem operasi, sehingga komputer hanya berada di BIOS saja, dan tanpa terjadi apapun. Selain dari beberapa tanda tersebut, beberapa kerusakan power supplai juga bisa di lihat dari beberapa kerusakan kecil, diantaranya :

  • Socket sebuah USB bekerja tidak semestinya. 
  • PC sering mati restart sendiri, bahkan sampai meti sendiri 
  •  CPU tidak mendapatkan arus listrik yang semestinya, sehingga kinerja sebuah komputer akan melambat 
  • Beberapa aplikasi/software tidak dapat bekerja seperti biasanya

Itulah beberapa tanda power supplai mengalami kerusakan untuk itu kita harus waspada dan menjaga agar komputer kita tetap awet. Jika ada salah kata atau kurang enak di baca mohon di maklumi semoga postingan ini bermanfaat bagi semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tanda Power supply Mulai Rusak"

Post a Comment

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar