19 Cara Membuat Artikel Berkualitas Untuk Pemula


Cara membuat artikel berkualitas

19 Cara Membuat Artikel Berkualitas Untuk Pemula-Mempunyai artikel yang berkualitas merupakan keinginan semua blogger. Karena dengan mempunyai artikel yang berkualitas, maka membuat blog menjadi terkenal dan di sukai Google maupun pengunjung akan sangat mudah.

Membuat artikel memang mudah, namun untuk membuat artikel yang berkualitas tidak semua orang bisa membuat, karena untuk membuat artikel yang berkualitas dibutuhkan teknik dan cara tertentu untuk bisa menulis dan menyusun kata dengan baik.

Oleh karena itu, saya di sini akan menunjukkan cara membuat artikel berkualitas untuk pemula. Baiklah, tidak perlu berlama-lama silakan simak baik-baik beberapa cara berikut ini.

1). User Experience (Pengalaman Pengguna)
Poin ini sangat penting untuk menulis artikel yang seo friendly, karena semua poin-poin ini akan berhubungan dengan user experience (penglaman pengguna). Maksud dari user experience adalah aktivitas dari pengunjung blog untuk melihat, membaca dan membuka halaman-halaman blog kita dalam kurun waktu tertentu.

Jadi, jika pengunjung semakin lama di blog kita, maka blog kita makin berkualitas. Faktor-faktor yang mempengaruhi user experience ada banyak diantaranya :
  • Desain blog yang bagus
  • Navigasi yang mudah
  • Kecepatan loading blog
  • Template reponsive
  • Interaksi dengan pengunjung yang baik (komentar dan diskusi)
  • Dan sebagainya
2). Gunakan Keyword Pada Judul Artikel
Ini merupakan hal yang wajib di lakukan agar Anda lebih mudah bersaing di SERP, karena judul artikel merupakan elemen yang pertama saat di rayapi Google untuk menentukan tema/topik suatu artikel.

Jika Anda tidak memberikan keyword utama pada judul artikel sama saja menyuruh Google untuk menebak-nebak topik/tema artikel Anda.

3). Gunakan Long Tail Keyword Pada Judul Artikel
Jika menggunakan keyword pada judul merupakan hal yang wajib, maka kita bisa menambahkan menjadi long tail keyword. Long tail keyword adalah keyword yang panjang yang terdiri dari 3 kata atau lebih.

Untuk membuat judul artikel sebaiknya menggunakan  long tail keyword, bisa saja keyword yang kita bidik terdiri 2 kata saja. Namun untuk judul artikel, keyword utama tersebut harus di jadikan keyword long tail, caranya dengan menambahkan kata tambahan pada keyword utama yang di bidik.

Misalnya, keyword utama yang kita bidik adalah" optimasi seo off page", untuk membuat long tail kita harus merubah keyword tersebut dengan menambahkan beberapa kata di depan atau di belakangnya  agar menjadi long tail keyword, seperti "cara optimasi seo off page" atau "langkah mudah optimasi seo off page".

4). Buat Judul Yang Mengundang klik
Untuk membuat judul yang mengundang klik, Anda harus membuat judul artikel tanpa harus melebihi 60 huruf, agar tidak terpotong oleh halaman pencarian Google. Karena jika ke potong oleh halaman pencarian Google, maka pengunjung akan tidak bisa melihat judul dengan lengkap dan jelas sehingga artikel tidak akan mengundang klik.

5). Buat Artikel Yang Panjang Dan Lengkap
Jika kita bisa membuat artikel yang panjang dan lengkap, maka menduduki peringkat pertama halaman Google akan sangat mudah. Karena dengan artikel yang panjang dan lengkap, maka pengunjung akan senantiasa berkunjung lagi ke blog kita.

Namun dengan catatan, artikel yang panjang harus mempunyai informasi yang lengkap. Jangan membuat artikel yang panjang dengan isi yang acak-acakan dan terlalu banyak basa basi, karena lebih baik menulis artikel yang pendek dengan informasi yang lengkap daripada panjang yang isinya acak-acakan dan muter-muter.

6). Buat Internal Link
Internal link adalah link antar halaman satu dengan halaman lainnya dalam satu blog. Dengan membuat internal link, maka artikel kita terlihat lebih berkualitas dan akan menambah informasi bagi pengunjung. Oleh karena itu buatlah internal link yang topik/temanya mirip agar terlihat berkualitas.

Internal link juga bisa membuat halaman blog kita mendapatkan backlink, dengan begitu blog kita akan lebih mudah untuk bisa menduduki peringkat pertama Google.

7). Buat Eksternal Link Yang Relevan
Banyak yang menganggap membuat eksternal link ke situs lain akan berefek buruk pada blog kita. Mereka takut peringkat blognya turun jika memberikan eksternal link, sehingga banyak blogger yang menggunakan link nofollow ketika memberikan eksternal link.

Baca juga : Pengertian dan Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Menurut saya, memberikan eksternal link yang relevan ke blog atau web authority dengan topik atau tema yang sama, maka memberikan link dofollow akan dianggap bagus oleh Google, karena dianggap mereferensikan blog atau web yang sudah terpercaya.

Eksternal link ke blog atau web dengan topik atau tema pembahasan yang sama juga membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi atau referensi lain yang lebih akurat.

Sekedar Tips :
Ketika memberikan eksternal link, gunakan attribut dofollow untuk blog atau web authority yang relevan dengan topik atau tema yang sama, dan gunakanlah attribut nofollow untuk blog atau web affiliate.

8). Jangan Memikirkan Keyword Density
Keyword density adalah presentase keyword pada sebuah artikel. Dulu ada yang menyarankan 3%-5% untuk keyword density, tetapi sekarang Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut. Keyword density memang penting, tetapi sekarang algoritma Google sudah cukup pintar untuk mengetahui kualitas sebuah artikel.

Anda juga harus berhati-hati, jika persantase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap keyword surfing. Keyword surfing merupakan teknik black hat seo yang wajib untuk di hindari.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Black Hat dan White Hat Seo

Menurut saya, jika Anda bisa membuat artikel yang bagus dan membahas artikel secara mendalam, maka keyword-keyword yang ingin di optimasi akan masuk sendirinya melalui tulisan Anda. Oleh karena itu jangan terlalu memikirkan keyword density lebih baik fokus untuk membuat artikel yang baik.

9). Berikan LSI (Latent Semantic Indexing) Keywords 
LSI adalah kata yang memiliki relevansi dengan keyword utama. Relevansi tersebut hampir mirip dengan persamaan kata(sinonim) atau kesamaan topik. LSI juga mirip dengan related keyword (istilah/kata yang masih ada hubungannya dengan keyword utama)

Misal, Anda sedang menulis artikel tentang cara membuat artikel berkualitas untuk pemula, maka Anda bisa menambahkan istilah-istilah seperti seo, backlink, template, Google, mesin pencari, tips atau tutorial dan lain-lain, tentunya Anda tetap mengutamakan tulisan yang berkualitas dan enak dibaca.

10). Gunakan Bold, Italic, Underline Secara Wajar
Menggunakan bold (garis tebal), italic (garis miring) dan underline (garis bawah) berguna untuk membantu mesin pencari mengenali kata-kata yang penting di dalam artikel kita.

Tetapi dalam penggunaannya, banyak blogger yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya pada keyword-keyword utama atau yang di bidik saja. Memang ini bagus untuk penguatan keyword, namun dari user experience ini sangat buruk, karena tulisan yang di baca kelihatan tidak profesional.

Oleh karena itu, gunakan sewajarnya saja, kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sesekali saja. Untuk tanda italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan tanda underline di gunakan untuk istilah atau catatan yang penting.

11). Gunakan h1, h2 dan h3
Elemen h1, h2 dan h3 ini berfungsi untuk menentukan elemen-elemen yang sangat penting dalam halaman blog atau web. Pada saat Anda menulis artikel yang seo, pastikan untuk elemen h1 Anda gunakan pada judul artikel dan h2 di gunakan untuk sub title artikel.

Untuk h2 dan h3 bisa di gunakan lebih dari 1x dalam halaman blog, tetapi untuk h1, sebaiknya gunakan 1x saja dalam halaman blog, karena h1 merupakan topik utama dalam suatu halaman.

12). Gunakan URL Yang Pendek dan Mempunyai Keyword Utama
Berbeda sedikit dengan Judul artikel, permalink yang baik dan bagus bukan yang mempunyai banyak variasi keyword, tetapi permalink yang mudah diketahui atau di deteksi oleh mesin pencari yang menjadi pembahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : 15 Cara menulis artikel berkualitas dan seo friendly untuk pemula!
Permalink asli : /15-cara-menulis-artikel-berkualitas-seo-friendly-untuk pemula.html
Permalink yang baik untuk SEO : /cara-menulis-artikel-berkualitas.html

Tetapi banyak blogger yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url yang panjang dengan harapan keyword lebih banyak yang masuk. Dengan url yang panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tetapi keyword utama akan lebih sulit untuk bersaing.

13). Berikan Artikel Sebuah Gambar, Video Dan Lain-Lain
Dengan memberikan gambar, video atau media graphics lainnya, akan membuat artikel lebih kaya akan informasi dan membuat pengunjung lebih mudah untuk memahami artikel Anda, dengan begitu informasi yang di dapat akan bermanfaat dan membuat pengunjung senang.

Memberikan gambar atau video juga akan membuat Google mendeteksi atau mengetahui artikel Anda sebagai artikel yang berkualitas. Dengan begitu artikel akan bisa berada di halaman utama Google.

14). Optimasi Meta Deskripsi
Dengan menempatkan keyword di meta deskripsi, akan membuat Anda lebih mudah dan leluasa dalam menulis artikel.

Perlu di ketahui, jika mesin pencari hanya bisa melihat meta deskripsi ketika mengunjungi blog Anda, dan meta deskripsi ini juga dapat dilihat oleh pengunjung melalui search engine. Jadi pastikan meta deskripsi tetap menarik dan bisa mengundang klik, bukan hanya untuk bisa di jelajahi dengan keyword dan LSI nya.

Google hanya membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 150 karakter, jadi usahakan agar meta deskripsi tidak melebihi batasan jumlah karakter, karena kalau melebihi maka deskripsi akan terpotong.

15). Gunakan Atribut Alt Pada Gambar
Google memang tidak bisa membaca file image, namun jika menggunakan atribut alt, maka robot Google akan bisa membaca file image tersebut saat melakukan perayapan pada halaman blog kita. Jika Anda ingin lebih mengoptimasi gambar Anda, Anda bisa membacanya di Neil Patel dari Quicksprout. Untuk saat ini, saya sendiri hanya menggunakan atribut alt sebagai optimasi gambar.

16). Usahakan Artikel Lolos Copyscape
Dengan membuat artikel lolos copyscape, maka artikel tersebut akan terlihat orsinil dan berkualitas. Karena artikel yang lolos copyscape akan terhindar dari duplicate konten, dengan begitu artikel akan di sukai Google, karena Google tidak menyukai blog yang duplicate konten. Jadi usahakan agar artikel lolos copyscape.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Lolos Copyscape

17). Gunakan Tata Bahasa Yang Baik dan Mudah di Mengerti
Artikel dengan tata bahasa yang baik, akan lebih di sukai Google. Karena dengan tata bahasa yang baik dan mudah di mengerti akan membuat pengunjung enak saat membaca dan memahami apa yang terkandung dalam artikel tersebut. Jadi usahakan agar artikel mempunyai tata bahasa yang baik dan mudah di mengerti.

18). Usahakan Agar Setiap Paragraf Tidak Terlalu Panjang
Saat membuat artikel, usahakan agar setiap paragraf jangan terlalu panjang. Karena jika setiap paragraf panjang, maka hal ini akan membuat pengunjung malas membaca dan membuat matanya sakit sehingga pengunjung tidak akan lama untuk membaca artikel Anda.

Jadi, walaupun artikel panjang tetapi setiap paragraf tertata rapi dan tidak terlalu panjang, maka pengunjung akan sangat senang saat membaca walaupun sampai lama. Sebaliknya, jika artikel pendek namun paragraf mempunyai banyak baris dan tidak tertata rapi, maka pengunjung akan tidak lama membaca artikel Anda, walaupun artikel Anda berkualitas.

19). Gunakan Variasi Keyword
Poin yang terakhir adalah gunakan variasi keyword. Maksud dari variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada artikel.

Contoh :
Keyword : Teknik Seo Yang Benar

"Dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang Teknik seo yang benar. Bagi pemula mungkin tidak terlalu mengenal mengenai teknik seo . Oleh karena itu saya di sini akan menunjukkan cara melakukan teknik seo yang benar agar artikel Anda bisa berada di page one Google".

Itu merupakan contoh variasi keyword. Namun jangan menggunakan variasi keyword dalam satu paragraf saja, karena bisa menjadi keyword surfing. Oleh karena itu, gunakan dalam beberapa paragraf agar artikel Anda menjadi lebih berkualitas.

Itulah 19 cara membuat artikel berkualitas untuk pemula, semoga Anda bisa mengerti dan memahami apa yang saya sampaikan di artikel ini. Jika Anda kurang paham apa yang saya sampaikan silakan berkomentar di bawah ini. Cukup sekian semoga artikel bermanfaat bagi Anda dan maaf bila ada kekurangan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "19 Cara Membuat Artikel Berkualitas Untuk Pemula"

  1. lengkap banget dah... tinggal praktek aja entar artikel nya berkualitas.. tapi harus di pahami bener bener tiap poin poinnya..soalnya bersangkutan satu sama lain jika mau membuat artikel yang berkualitas

    ReplyDelete

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar