10 Tips Aman Membongkar PC Untuk Pemula


tips membongkar pc

Saat seorang pemula membongkar PC, ini bukanlah hal yang mudah. Karena bagi pemula kesalahan yang sedikit resikonya bisa sangat fatal. Untuk itu bagi seorang pemula yang belum pernah membongkar PC, silakan pelajari dahulu beberapa dasar membongkar dan merakit PC. .

Dalam postingan ini saya akan membahas 10 tips cara membongkar PC dengan aman untuk pemula. Tips ini bertujuan agar seorang pemula bisa membongkar PC dengan aman dan terhindar dari bahaya pada saat membongkar ataupun saat perakitan PC. Langsung saja ini tipsnya: .

Tips 1: Siapkan Bahan Yang Di Butuhkan

Maksud dari bahan yang di butuhkan adalah seperangkat komputer seperti, PC, monitor, keyboard, mouse, beberapa kabel, yang dimaksud beberapa kabel adalah kabel VGA, kabel Power, dan tidak lupa pula diruangan harus ada saklar atau stopkontak. Semua bahan yang saya sebutkan diatas berguna untuk melakukan pengecekan sebelum membongkar PC, sehingga kita bisa mengetahui apakah PC masih bisa di gunakan atau tidak.

Tips 2: Siapkan Alat Yang Digunakan Untuk Membongkar PC 

Sebelum membongkar PC kita di haruskan untuk menyiapkan peralatan yang di gunakan untuk membongkar PC antara lain: obeng dan tang kecil. Peralatan ini di gunakan untuk melepas baut yang terdapat pada PC, untuk itu siapkan obeng yang cocok untuk semua ukuran baut yang berada di PC. Dan jangan melepas baut yang tidak sesuai dengan obeng yang di gunakan, karena ini akan menyebabkan baut menjadi rusak dan sulit untuk dilepas.

Tips 3 : Pembongkaran Harus Dilakukan Di Ruangan Yang Tertutup 

Pembongkaran PC ini harus dilakukan diruangan tertutup , karena jika pembongkaran PC dilakukan di ruangan terbuka akan menyebabkan komponen pada PC menjadi kotor dan berdebu.

Tips 4: Hindari berkeringat Saat Membongkar PC

Berkeringat merupakan masalah yang cukup besar pada saat membongkar PC, karena berkeringat bisa menyebabkan komponen PC terkena air keringat tersebut sehingga komponen pada PC akan terkena masalah, karena air keringat tidak baik bagi komponen PC terutama motherboard. Oleh karena itu suhu diruangan harus sejuk agar bisa mengurangi panas didalam ruangan.

Tips 5 : Pastikan Tidak Ada Sambungan Listrik Di PC

Sambungan listrik ini bisa menjadi faktor kecelakaan yang sering terjadi pada saat membongkar atau merakit PC, misalnya saja tersengat listrik atau terjadi kebakaran akibat dari konsleting listrik. Oleh karena itu sebelum melakukan pembongkaran pastikan tidak ada sambungan listrik pada PC.

Tips 6 : Jangan Lakukan Pembongkaran Sendiri

Bagi seorang pemula jangan coba-coba membongkar PC sendiri. Karena ini berakibat pada PC jika seorang pemula tidak pernah mencobanya. Oleh karena itu lakukanlah pembongkaran minimal 2 orang atau lebih untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, karena jika kita mempunyai teman untuk membongkar dan merakit PC, dia dapat membantu kita dalam mengingat kembali letak kabel, komponen, maupun baut dalam tempatnya saat perakitan PC.

Tips 7 : Lepas Kabel Dahulu Sebelum Komponen PC 

Ini yang sedikit saya sarankan bagi pemula untuk melepas kabel dahulu sebelum komponennya, tetapi jika tidak di pakai juga tidak apa-apa. Karena jika melepas komponen dahulu ini akan menyebabkan kabel sulit di lepas oleh karena itu lepaslah kabel dahulu sebelum komponennya karena ini lebih mudah dilakukan. Walaupun ada urutan-urutan pembongkaran PC tapi saya sarankan lepas kabel dahulu sebelum komponennya.

Tips 8 : Jangan Paksakan Komponen Yang Tidak Bisa Di Pasang 

Hal seperti Ini biasa terjadi oleh orang yang awam. Karena orang awam biasa ceroboh dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu jika kamu memasang komponen komputer seperti RAM, usahakan tidak memasang dengan tenaga yang kuat, gunakanlah tenaga yang sewajarnya saja. Karena di khawatirkan memasang dengan terlalu di tekan akan menyebabkan RAM rusak, oleh karena itu ceklah dahulu apakah pemasangannya sudah tepat atau belum, sehingga kerusakan dapat di hindarkan.

Tips 9: Jangan Ragu 

Ini yang biasa terjadi bagi seorang pemula, yaitu ragu-ragu. Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya ragu-ragu, namun untuk membongkar PC kita jangan ragu tapi hati-hati. Contoh ragu-ragu adalah saat melepas kabel yang sulit di lepas, memasang kembali komponen komputer yang kurang pas dan lain-lain. Oleh karena itu saat membongkar atau merakit PC usahakan melakukannya dengan hati-hati, yakin dan jangan ragu.

Tips 10 : Saat Membongkar PC Harus Ada Guru atau Ahlinya Yang Menemani 

Inilah tips yang terakhir, tips ini bertujuan agar guru atau orang yang ahli dapat menunjukkan cara membongkar atau merakit PC dengan benar. Guru ataupun orang yang ahli juga dapat menunjukkan kepada kita komponen-komponen pada PC sehingga kamu akan lebih mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada PC. Selain dari itu guru atau orang yang ahli dapat meminimalisasi resiko kerusakan pada PC pada waktu pembongkaran.

Itulah 10 tips membongkar PC dengan aman untuk pemula. Jika ada salah kata atau kata kurang enak di baca mohon di maklumi, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Aman Membongkar PC Untuk Pemula"

Post a Comment

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar