5 Penyebab Laptop Yang Sering Hang Dan Cara Mengatasinya


penyebab laptop sering hang


Seiring dengan bertambahnya waktu, teknologi berkembang sangat cepat dan pesat. Terutama teknologi komputer yang berkembang cukup pesat, perkembangan teknologi komputer ini di gunakan oleh kebanyakan orang untuk bekerja, belajar, mencari informasi di internet dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alat yang digunakan oleh teknologi komputer ini biasanya yang paling banyak adalah laptop. Laptop sekarang menjadi yang nomer satu bagi kalangan pengusaha, pelajar dan guru. Kebanyakan mereka menggunakan laptop ini untuk menjalankan tugasnya dengan begitu pekerjaan yang di kerjakan akan lebih mudah dan cepat.

Dengan menggunakan laptop kita memerlukan sebuah software untuk menjalankan sebuah komputer, sehingga software yang kita butuhkan bisa di gunakan untuk memudahkan pekerjaan kita. Akan tetapi kebanyakan orang menginstal aplikasi yang bisa membuat laptop tiba-tiba hang, lemot, not responding bahkan crash.

Aplikasi-aplikasi tersebut, seperti game berat, software yang tidak butuhkan yang semua diinstal, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa hal ini dapat menyebabkan laptop sering hang dan lambat. Namun selain itu ada beberapa penyebab lainnya selain karena game berat dan kebanyakan aplikasi, untuk itu kita harus mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya:

1). Memori Yang Sedikit 
Masalah ini di sebabkan karena sedikitnya ram yang terpasang, sehingga kinerja laptop tidak seperti biasanya. Untuk itu cobalah periksa kapasitas ram yang terpasang, untuk laptop dualcore dengan sistem operasi windows 7 biasanya menggunakan ram sebesar 2GB, namun jika masih lambat bisa di upgrade menjadi 4GB seperti laptop saya ini.

2). Banyaknya Aplikasi Yang Terinstal. 
Ini yang sudah saya sebutkan diatas, jika laptop terlalu banyak aplikasi menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Periksa aplikasi apa saja yang tidak di butuhkan oleh laptop, kemudian un-instal aplikasi tersebut.

3). Masalah Pada Hardisk 
Hardisk merupakan komponen yang sangat penting bagi sebuah komputer, karena hardisk ini di gunakan untuk menyimpan beberapa file penting kita dari mulai video, musik, gambar dan beberapa file pekerjaan.

Hardisk ini juga bisa menyebabkan laptop mengalami hang di antaranya seperti, hardisk yang kapasitasnya sedikit, hardisk yang sudah tua, dan hardisk yang bad sector.

Untuk mengatasinya hindari hardisk dari panas yang berlebihan dan goncangan, jangan sampai hardisk kelebihan muatan, maksudnya jangan sampai hardisk kapasitasnya mau habis/ sudah penuh ini menyebabkan laptop anda akan menjadi sangat lambat.

4). Adanya Virus Di Laptop
Ini yang biasa terjadi pada sebuah laptop, karena laptop yang bersistem operasi windows tidak lepas dari namanya virus, karena sistem operasi windows selalu di selimuti dengan namanya virus. Tidak seperti sistem operasi linux, yang pada sistem operasi tersebut tidak ada namanya virus, namun linux jarang di pakai tidak seperti windows.

Untuk itu yang bersistem operasi windows kita harus menginstal antivirus di laptop kita agar terhindar dari virus tersebut. Tapi bagaimana jika virus itu sudah menyebar di laptop kita?- langkah yang mudah adalah melakukan safe mode atau melakukan instal ulang laptop.

5). Hardware Yang Overheat
Hardware yang overheat ini biasanya terjadi pada prosesor, hardisk maupun vga secara umum akan menyebabkan kinerja pada laptop menurun sehingga laptop akan mengalami hang atau lambat.

Untuk itu saat menggunakan laptop pastikan sirkulasi udara di bagian prosesor atau CPU berjalan dengan lancar begitu juga dengan kipas pendingin prosesor yang harus bersih dari kotoran/debu dan dapat berputar seperti biasanya.

Itulah beberapa yang harus kita ketahui penyebab dan cara mengatasi laptop yang hang, jika ada salah kata dalam penulisan atau kurang enak di baca mohon di maklumi, karena manusia tidak lepas dari namanya kesalahan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu teman-teman semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Penyebab Laptop Yang Sering Hang Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar