9 Tips Mudah Agar Artikel Blog Berada Diurutan Teratas Google


 
Menjadi nomer satu di mesin pencarian Google merupakan impian semua blogger, karena dengan tampil di peringkat pertama, kebanyakan pengunjung akan lebih memilih postingan yang tampil di urutan teratas daripada postingan yang ada di urutan kedua dan seterusnya.

Ini disebabkan pengunjung lebih percaya dengan isi dan kualitas dari artikel yang mereka cari kepada postingan yang tampil di urutan teratas tersebut. Sehingga ini akan membuat blog mempunyai banyak pengunjung dan akan populer dengan cepat.

Akan tetapi, mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan kerja keras, strategi yang jitu, kekonsistenan dan paham tentang artikel yang dibahas dan juga dibutuhkan teknik seo untuk membuat artikel bisa tampil di urutan teratas Google.

Di dalam artikel ini, saya akan mencoba memberikan tips kepada Anda untuk bisa menjadikan konten Anda berada di urutan teratas SERP (Search engine Result Page). Sebelum saya memberikan tips, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana Google bisa memberikan rangking pada blog kita.

Bagaimana Google Merangking Blog Kita?

Sekarang algoritma Google sudah sangat pintar. Google sekarang menggunakan Google bot untuk merayapi situs web kita untuk mengumpulkan data-data terkait dengan keyword atau kata kunci dari seluruh artikel yang dipublikasikan.

Robot Google tersebut juga bisa membedakan penggunaan kata yang kita gunakan untuk menulis artikel, dalam membedakan kata, Googlebot sudah mampu mengetahui struktur kata yang salah, penggunaan kata yang salah dan sebagainya, dan itu semua dapat dilakukan dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Googlebot mampu untuk menilai suatu artikel dalam bentuk inggris ataupun indonesia, dan akan menempatkan 10 konten terbaik di hasil pencariannya dan menjadikan salah satu yang jauh lebih berkualitas untuk menduduki peringkat pertama.

Sekarang Anda sudah tahu mengenai kinerja robot Google untuk merangking blog kita, sekarang lanjut ke pembahasan utama, yaitu tips lengkap agar artikel bisa di peringkat pertama Google.

1). Buat Artikel Dengan Topik Yang Jarang Dibahas

Untuk membuatnya lebih mudah Anda harus membuat topik yang jarang dibahas di Internet, dan akan jauh lebih baik jika Anda yang pertama kali menciptakan artikel tersebut. Ini dikarenakan artikel yang jarang dibahas akan lebih mudah untuk mendapatkan peringkat pertama Google.

Dan jika Anda membahas artikel yang sudah banyak dibahas di internet, maka otomatis Anda akan sulit bersaing, karena artikel yang sudah lama berdiri menduduki posisi pertama search engine, akan sulit untuk menggusurnya dari posisi pertama, dikarenakan artikel tersebut mempunyai kualitas dan sudah dipercaya oleh pengunjung maupun Google.

Oleh karena itu, penting untuk menentukan topik sebelum membuat blog, karena jika sudah banyak topik yang di bahas, memenangkan serp akan sangat sulit. Jadi usahakan agar membuat artikel dengan topik persaingan tingkat rendah.

2). Usahakan Agar Blog Membahas Satu Niche

Membuat blog dengan satu tema/niche akan terlihat lebih berkualitas daripada blog yang membahas gado-gado/ banyak niche. Ini dikarenakan Google maupun pembaca lebih menyukai blog dengan pembahasan satu niche daripada banyak niche, sehingga Google akan memberikan peringkat yang baik kepada blog tersebut.

Informasi dalam blog dengan pembahasan satu niche juga lebih terpercaya, sehingga pembaca akan lebih memilih artikel dengan pembahasan satu niche daripada banyak niche, blog yang membahas satu topik juga lebih mudah untuk mengalahkan blog yang membahas banyak topik dalam memperebutkan peringkat pertama serp.

Namun, bukan berarti blog dengan pembahasan banyak niche tidak bisa mengalahkan blog dengan pembahasan satu niche. Blog yang membahas banyak topik bisa mengalahkan blog satu topik, dengan cara membuat artikel lebih berkualitas dan lengkap ,dengan begitu pembaca akan menganggap blog tersebut sebagai blog serba guna atau blog yang memberikan banyak manfaat bagi pembaca.

3). Gunakan Domain TLD

Mungkin banyak yang menganggap hal ini tidak terlalu penting, karena blogger menganggap bahwa domain tld dan blogspot sama saja, yang terpenting isi dalam blog. Ini mungkin sepenuhnya benar, tetapi jika kita menggunakan domain tld, maka peluang untuk bisa menduduki urutan teratas mesin pencari semakin besar.

Ini dikarenakan Google menganggap blog berdomain tld terlihat lebih profesional dan berkualitas daripada blog dengan domain blogspot, sehingga peluang untuk tampil di urutan teratas cukup besar. Hal ini didasari dengan blog berbayar jauh lebih diutamakan Google, daripada blog yang gratisan.

Kita bisa lihat dari hasil search engine Google bahwa banyak blog yang menggunakan domain tld, bisa tampil di mesin pencari Google daripada blog dengan domain blogspot, jadi otomatis domain tld jauh lebih unggul daripada domain blogspot.

Namun, bukan berarti domain blogspot tidak bisa mengalahkan domain tld, domain tld bisa dikalahkan dengan cara membuat artikel berkualitas. Contoh seperti blog strukturkode, yang blognya hanya menggunakan domain gratisan, tetapi kebanyakan artikel bisa tampil di urutan teratas. Ini bisa dilakukan hanya dengan mengutamakan kualitas konten.

4). Buat Artikel Berkualitas

Ini merupakan hal yang paling penting dari semua tips yang saya berikan. Karena hanya kualitaslah yang bisa membuat konten bisa ada di peringkat pertama Google. Oleh karena itu, untuk bisa menduduki posisi teratas serp, Anda harus bisa membuat artikel yang berkualitas dan unik.

Artikel berkualitas adalah artikel yang mempunyai informasi lengkap dan bermanfaat bagi pembaca, sedangkan artikel unik adalah artikel yang belum pernah dibahas di Internet dan tidak copy paste dari blog lain, sehingga artikel yang unik tidak mempunyai pesaing.

Untuk bisa membuat artikel berkualitas, Anda harus menulis artikel setidaknya 1500 kata, karena Google lebih menyukai artikel yang panjang daripada artikel pendek, Anda juga harus menggunakan tata bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca agar bisa memberikan manfaat bagi pembaca saat membaca artikel.

Selain itu, Anda juga harus paham tentang seo untuk bisa memaksimalkan agar artikel bisa berada di urutan teratas search engine. Jika Anda tidak mengerti seo, Anda harus belajar, minimal mengerti dasarnya. Untuk membuat artikel seo, saya akan menyambungkannya di tips selanjutnya.

5). Gunakan Seo Saat Membuat Artikel

Ini yang saya bicarakan di tips sebelumnya dan akan saya bahas di tips ini. Untuk bisa menjadikan postingan menduduki peringkat teratas Google, dibutuhkan teknik seo untuk mewujudkannya.

Disini saya hanya akan membahas sedikit tentang teknik seo on page, karena teknik ini sangat berpengaruh pada kualitas artikel, sehingga bagi Anda yang belum paham tentang seo, Anda harus menyimaknya. Berikut cara optimasi seo on page  pada aritkel :
  • Optimasi Title Tag : Untuk optimasi title tag, Anda harus membuat judul artikel, tanpa harus melebihi 60 karakter, agar judul tidak terpotong mesin pencari. Judul artikel juga tidak boleh terlalu pendek, karena akan membuat mesin pencari bingung saat mendeskripsikan postingan Anda.
  • Optimasi Meta Deskripsi : Untuk optimasi meta deskripsi, Anda harus membuat deskripsi artikel tanpa melebihi 150 karakter agar tidak terpotong mesin pencari. Untuk membuat meta deskripsi, Anda juga harus menyelipkan keyword agar pembaca tidak bingung saat membaca deskripsi Anda.
  • Optimasi URL : Untuk optimasi url, Anda harus membuat permalink yang singkat, mengandung kata kunci, jelas, terdiri 3-5 suku kata saja, tidak panjang dan tidak mengandung kode atau angka. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka otomatis url Anda akan terlihat berkualitas.
  • Optimasi Gambar : Untuk optimasi gambar, Anda hanya perlu menambahkan atribut alt untuk bisa mendeskripsikan gambar agar bisa di baca oleh robot Google. Oleh karena itu, Anda harus mensisipkan keyword pada gambar agar artikel terlihat lebih berkualitas.
Sebenarnya, masih banyak sekali teknik-teknik dan optimasi seo on page yang lain, tetapi saya hanya dapat memberikan gambaran teknik seo yang sedikit saja. Oleh karenanya, untuk membahas hal ini sampai tuntas, saya akan membahasnya di artikel selanjutnya.

6). Baca Ulang Postingan Sebelum di Publikasikan

Bagi Anda yang sudah membuat artikel, Anda jangan terburu-buru untuk mempublikasikannya, baca kembali artikel agar tidak ada kata-kata yang salah dan perbaiki kata-kata yang kurang enak dibaca sebelum di publikasikan.

Hal ini akan dapat mempengaruhi kualitas artikel, karena Googlebot/ robot Google sudah bisa mengetahui struktur kata yang salah pada postingan sehingga jika banyak kata yang salah atau kurang enak dibaca akan mempengaruhi kualitas dari artikel, sehingga akan membuat artikel tidak tampil di urutan teratas Google.

7). Daftarkan Blog ke Google Webmaster dan Google Analytics

Dengan mendaftarkan blog ke Google webmaster akan mempercepat pengindexan sebuah artikel, sedangkan untuk Google Analitycs berguna untuk mengetahui jumlah pengunjug dan darimana pengunjung berasal.

Di Google webmaster dan Google analytics Anda dapat melihat stastik pencarian, crawl error, jumlah visitor, jumlah artikel yang terindex dan masih banyak fungsi-fungsi lainnya. Karena di Google webmaster dan analytics ini menyediakan banyak fasilitas untuk mempermudah blogger dalam mengelola blognya agar bisa tampil di urutan teratas mesin pencarian Google.

8). Submit Artikel Ke Index Google

Selanjutnya adalah submit artikel ke index Google. Dengan mensubmit artikel ke index Google, akan mempercepat pengindexan sebuah artikel. Jika Anda tidak mensubmit artikel, maka artikel Anda akan lama terindex mesin pencari, kecuali artikel Anda berkualitas tinggi, sehingga tanpa melakukan optimasi apapun, artikel Anda akan menjadi yang nomer satu di pencarian Google.

Tetapi, submit artikel sangat penting untuk dilakukan, karena jika artikel Anda berkualitas, maka Google akan cepat menempatkan postingan Anda di peringkat teratas, karena hanya kualitaslah yang dapat menentukan.

Untuk Anda yang belum pernah submit Artikel ke index Google, Anda bisa mencobanya dengan cara mengekliknya link berikut Disini. Setelah itu Anda harus memasukkan url postingan Anda, ke kotak kolom, kemudian klik saya bukan robot untuk konfirmasi bahwa Anda bukan robot, setelah itu Anda bisa mengeklik tombol submit. Maka otomatis artikel Anda akan langsung terindex.

9). Promosi

Tips agar artikel tampil di urutan teratas Google yang terakhir adalah promosikan blog. Dengan mempromosikan blog Anda akan dapat menarik pengunjung untuk membaca postingan Anda. Selain itu, dengan promosi, maka pengunjung akan banyak berdatangan dan bisa membuat trafik blog naik.

Mendatangkan banyak pengunjung juga akan bisa membuat artikel tampil di urutan teratas Google. Ini didasari dengan semakin banyak visitor blog yang membaca artikel, maka Google akan memberikan peringkat yang baik pada artikel tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk tampil diurutan teratas dibutuhkan banyak pembaca dan bukan hanya kualitas dari artikel.

Untuk mempromosikan blog, Anda bisa mengeshare Artikel Anda ke media sosial atau membagikannya ke komunitas online, dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak pengunjung. Namun perlu di ketahui bahwa Google lebih menyukai pengunjung organik daripada non organik.

Pengunjung organik adalah pengunjung yang berasal langsung dari mesin pencarian Google, sedangkan pengunjung non-organik adalah pengunjung yang berasal dari sosial media, komunitas atau forum online dan bukan dari Google.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk mendatangkan banyak pengunjung dibutuhkan kualitas dan mempromosikan konten blog hanya digunakan untuk menarik minat hati pembaca untuk membaca artikel kita dan jangan terlalu banyak mengeshare ke medsos atau komunitas online, karena Google akan memberikan peringkat yang baik ke blog kita, jika pengunjungnya banyak berasal dari mesin pencariannya.

Kesimpulan
Mungkin semua tips ini tidak bisa seratus persen berhasil, karena untuk tampil di urutan pertama hanya Googlelah yang dapat menilai dan menentukan bahwa situs Anda layak atau tidak menduduki posisi pertama.

Tetapi kita bisa mencoba untuk membuktikan kepada Google bahwa situs blog kita layak menduduki posisi pertama, dengan cara mengikuti beberapa tips diatas. Jika tidak berhasil, maka hanya Google yang dapat menilai kekurangan dari blog kita, sehingga dapat disimpulkan bahwa Googlelah yang memegang kendali untuk menentukan 10 konten terbaik untuk di tampilkan di halaman pertamanya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan semoga Anda berhasil dalam membuat artikel tampil di urutan teratas Google.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Tips Mudah Agar Artikel Blog Berada Diurutan Teratas Google"

Post a Comment

Dilarang memberikan link aktif
Dilarang berkomentar spam
Dilarang berkomentar dengan bahasa yang kasar